Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop Windows 10

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10 dengan Mudah dan Cepat – Apakah Anda pernah merasa laptop Anda menjadi lambat atau penuh karena terlalu banyak aplikasi yang tidak terpakai? Apakah Anda ingin membersihkan laptop Anda dari aplikasi yang tidak Anda butuhkan lagi? Jika jawabannya ya, maka artikel ini adalah untuk Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar cara menghapus aplikasi di laptop Windows 10 dengan mudah dan cepat. Anda akan mengetahui berbagai cara untuk menghapus aplikasi, baik melalui menu Start, Control Panel, Settings, atau PowerShell. Anda juga akan mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan Windows 10 yang mungkin tidak Anda inginkan. Selain itu, Anda akan mendapatkan tips dan trik untuk mengoptimalkan kinerja laptop Anda setelah menghapus aplikasi.

Menghapus Aplikasi Melalui Menu Start

Cara termudah untuk menghapus aplikasi di laptop Windows 10 adalah melalui menu Start. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Klik tombol Start di pojok kiri bawah layar.
Cari aplikasi yang ingin Anda hapus, atau gulir ke bawah untuk melihat daftar semua aplikasi.
Klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu pilih Uninstall.
Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses penghapusan.

Cara ini cocok untuk menghapus aplikasi yang Anda instal dari Microsoft Store atau dari sumber lain. Namun, cara ini tidak bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan Windows 10, seperti Mail, Calendar, atau Photos.

Menghapus Aplikasi Melalui Control Panel

Cara lain untuk menghapus aplikasi di laptop Windows 10 adalah melalui Control Panel. Cara ini lebih lengkap dan detail daripada cara sebelumnya, karena Anda bisa melihat informasi lebih banyak tentang aplikasi yang ingin Anda hapus, seperti ukuran, tanggal instalasi, atau versi. Anda juga bisa mengurutkan atau mencari aplikasi berdasarkan kriteria tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik tombol Start, lalu ketik Control Panel dan tekan Enter.
  • Pilih Category di bagian View by, lalu klik Uninstall a program di bawah Programs.
  • Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di laptop Anda. Anda bisa mengurutkan atau mencari aplikasi berdasarkan nama, ukuran, tanggal instalasi, atau publisher.
  • Klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu pilih Uninstall.
  • Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses penghapusan.
BACA JUGA   Cara Mengungkap Rahasia Akses Laptop Lenovo Yang Membuatnya Istimewa: Panduan Praktis Membuka Seluruh Potensi Yang Tersembunyi!

Cara ini bisa digunakan untuk menghapus aplikasi yang Anda instal dari sumber manapun, termasuk aplikasi bawaan Windows 10. Namun, Anda harus berhati-hati saat menghapus aplikasi bawaan Windows 10, karena mungkin ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan oleh sistem atau aplikasi lain.

Menghapus Aplikasi Melalui Settings

Cara ketiga untuk menghapus aplikasi di laptop Windows 10 adalah melalui Settings. Cara ini mirip dengan cara pertama, namun lebih simpel dan modern. Anda juga bisa melihat daftar aplikasi yang bisa diperbarui atau diatur ulang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik tombol Start, lalu klik ikon Settings di sebelah kiri.
  • Pilih Apps, lalu klik Apps & features di sebelah kiri.
  • Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di laptop Anda. Anda bisa mengurutkan atau mencari aplikasi berdasarkan nama, ukuran, atau instalasi terakhir.
  • Klik pada aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu klik Uninstall.
  • Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses penghapusan.

Cara ini juga bisa digunakan untuk menghapus aplikasi yang Anda instal dari sumber manapun, termasuk aplikasi bawaan Windows 10. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat menghapus aplikasi bawaan Windows 10, karena mungkin ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan oleh sistem atau aplikasi lain.

Menghapus Aplikasi Melalui PowerShell

Cara keempat untuk menghapus aplikasi di laptop Windows 10 adalah melalui PowerShell. Cara ini adalah cara yang paling canggih dan fleksibel, karena Anda bisa menghapus aplikasi dengan menggunakan perintah tertentu. Anda juga bisa menghapus aplikasi secara massal atau selektif. Namun, cara ini juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih tinggi, karena Anda harus berhati-hati dengan sintaks dan parameter yang digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik tombol Start, lalu ketik PowerShell dan tekan Enter.
  • Anda akan melihat jendela PowerShell yang berisi prompt perintah. Anda bisa mengetik perintah yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menghapus aplikasi.
  • Untuk melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di laptop Anda, Anda bisa mengetik perintah berikut:
```powershell
Get-AppxPackage | Select Name, PackageFullName
  • Anda akan melihat nama dan nama lengkap paket dari setiap aplikasi. Anda bisa mencatat nama lengkap paket dari aplikasi yang ingin Anda hapus, atau menyalinnya ke clipboard.
  • Untuk menghapus aplikasi tertentu, Anda bisa mengetik perintah berikut, dengan mengganti PackageFullName dengan nama lengkap paket dari aplikasi yang ingin Anda hapus:
Remove-AppxPackage PackageFullName
  • Untuk menghapus semua aplikasi bawaan Windows 10, Anda bisa mengetik perintah berikut:
Get-AppxPackage | Remove-AppxPackage
  • Untuk menghapus semua aplikasi bawaan Windows 10 kecuali yang Anda inginkan, Anda bisa mengetik perintah berikut, dengan menambahkan nama lengkap paket dari aplikasi yang ingin Anda pertahankan setelah tanda minus:
Get-AppxPackage | where {$_.PackageFullName -notlike "*PackageFullName*"} | Remove-AppxPackage
  • Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses penghapusan.
BACA JUGA   Mudah Dan Cepat! 7 Cara Efektif Pindahkan Foto Dari HP Ke Laptop Dengan Lebih Hemat Waktu

Cara ini adalah cara yang paling kuat dan efektif untuk menghapus aplikasi di laptop Windows 10, namun juga yang paling berisiko. Anda harus memastikan bahwa Anda mengetik perintah yang benar dan tidak menghapus aplikasi yang penting atau berbahaya.

Tips dan Trik Setelah Menghapus Aplikasi

Setelah Anda menghapus aplikasi di laptop Windows 10, Anda mungkin merasa laptop Anda menjadi lebih ringan dan cepat. Namun, Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk mengoptimalkan kinerja laptop Anda, seperti:

  • Membersihkan registry. Registry adalah database yang menyimpan informasi tentang konfigurasi dan pengaturan sistem dan aplikasi. Saat Anda menghapus aplikasi, mungkin ada beberapa entri registry yang tidak terhapus dan menjadi sampah. Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih registry, seperti CCleaner, untuk membersihkan registry Anda dari entri yang tidak valid atau rusak.
  • Membersihkan disk. Disk adalah tempat penyimpanan data di laptop Anda. Saat Anda menghapus aplikasi, mungkin ada beberapa file atau folder yang tidak terhapus dan menjadi sampah. Anda bisa menggunakan fitur Disk Cleanup, yang sudah tersedia di Windows 10, untuk membersihkan disk Anda dari file atau folder yang tidak perlu, seperti file sementara, file log, file cache, atau file unduhan.
  • Defragmentasi disk. Defragmentasi adalah proses mengatur ulang data di disk agar menjadi lebih teratur dan efisien. Saat Anda menghapus aplikasi, mungkin ada beberapa ruang kosong yang tercipta di disk Anda. Ruang kosong ini bisa membuat disk Anda menjadi terfragmentasi, yaitu data yang tersebar di berbagai lokasi dan tidak berurutan. Anda bisa menggunakan fitur Optimize Drives, yang sudah tersedia di Windows 10, untuk melakukan defragmentasi disk Anda secara otomatis atau manual.
  • Memeriksa malware. Malware adalah perangkat lunak jahat yang bisa merusak atau mencuri data di laptop Anda. Saat Anda menghapus aplikasi, mungkin ada beberapa malware yang tersembunyi atau tidak terdeteksi oleh antivirus Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi anti-malware, seperti Malwarebytes, untuk memeriksa dan menghapus malware yang ada di laptop Anda.
BACA JUGA   Tips Ampuh Mengatasi Cahaya Terang Laptop Asus: Solusi Praktis Untuk Mata Lebih Nyaman

Dengan melakukan tips dan trik di atas, Anda bisa membuat laptop Anda menjadi lebih bersih, sehat, dan optimal.

Kesimpulan

Menghapus aplikasi di laptop Windows 10 adalah salah satu cara untuk membuat laptop Anda menjadi lebih ringan, cepat, dan optimal. Anda bisa menghapus aplikasi dengan berbagai cara, baik melalui menu Start, Control Panel, Settings, atau PowerShell. Anda juga bisa menghapus aplikasi bawaan Windows 10 yang mungkin tidak Anda inginkan. Namun, Anda harus berhati-hati saat menghapus aplikasi, karena mungkin ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan oleh sistem atau aplikasi lain. Anda juga bisa melakukan beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan kinerja laptop Anda setelah menghapus aplikasi, seperti membersihkan registry, disk, defragmentasi, dan memeriksa malware. Dengan demikian, Anda bisa menikmati laptop Anda dengan lebih nyaman dan efisien.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Share your love
Genta Nuraini
Genta Nuraini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *